Membuat Listrik Tenaga Surya di Rumah - SouletZ
b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Membuat Listrik Tenaga Surya di Rumah



Solar panel merupakan sebuah alat pembangkit listrik dengan tenaga matahari. Kebanyakan solar panel dibuat menggunakan silikon dimana merupakan solar panel terbaik dalam skala industri.

Namun, kita pun dapat membuat solar panel untuk rumahan dengan beberapa alat sederhana dan mudah di dapat. Berikut cara membuat solar panel rumahan dilansir dari TheSolarPlan.

Bahan :
- Pemotong metal
- Pelat tembaga
- Penjepit metal
- Sikat kawat
- Kabel dengan penjepit tipe alligator
- Botol atau wadah terbuat dari kaca atau plastik
- Kompor elektrik
- Garam

Cara membuat :
1. Potong pelat tembaga dengan bentuk persegi sekitar 15x15 cm atau sesuai besar penampang kompor elektrik menggunakan pemotong metal.

2. Nyalakan kompor elektrik, letakkan pelat tembaga di atasnya selama setengah jam. Tembaga panas akan bereaksi membentuk cupric oksida hitam di atas permukaannya.

3. Matikan kompor, biarkan suhu pelat turun secara perlahan. Oksida hitam yang berada lapisan pelat sebagian besar akan menghilang karna menguap.

4. Ambil pelat, masukkan ke dalam air kemudian sikat perlahan untuk membuang sisa oksida hitam.

5. Masukkan pelat yang telah dibakar ke dalam botol atau wadah dimana bagian yang terkena api langsung berinteraksi langsung dengan cahaya.

6. Potong pelat tembaga baru, kemudian masukkan ke dalam botol. Atur agar kedua pelat tidak bersentuhan dan botol benar-benar bening untuk memastikan cahaya dapat masuk mengenai pelat.

7. Pasang kabel pada masing-masing pelat, dimana pelat bersih (dibakar) merupakan kutub positif, dan pelat kotor (tidak dibakar) merupakan kutub negatif.

8. Campurkan air dan garam, aduk hingga garam benar-benar larut. Kemudian masukkan ke dalam botol. Pastikan kabel tidak tercelup.

9. Hubungkan kedua kabel kepada alat compliant DC atau alat penyimpan listrik. Kedua pelat akan bereaksi tiap kali berinteraksi dengan cahaya matahari dan air garam.

Perhatian :
Solar panel dengan ukuran 225 cm persegi diperkirakan dapat menghasilkan energi listrik sebesar 0,25 watt. Untuk menghasilkan listrik sebesar 20 watt, diperkirakan lebar pelat kurang lebih 2 meter persegi.



ghiboo
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar