b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Lenovo ThinkPad X1 Carbon, Ultrabook Ringan




kedatangan salah satu Ultrabook andalan Lenovo, ThinkPad X1 Carbon. Seperti apa kecanggihannya? Simak ulasan singkatnya berikut ini.


Desain
Penampilan X1 Carbon terlihat sederhana namun tetap menonjolkan kesan high-end. Yang paling menarik perhatian adalah warna hitam pekatnya plus sensasi unik saat body-nya disentuh.

Lenovo memang menggunakan bahan yang berbeda dengan laptop kebanyakan, yakni serat carbon, dimana mereka mengklaim sebagai bahan yang biasa digunakan untuk membuat pesawat jet dan mobil F1.

Bahan carbon sendiri dinilai lebih kuat dari alumunium dan magnesium alloy, tetapi dengan berat yang lebih ringan. Hasilnya, X1 Carbon mampu tampil menawan dengan ketebalan hanya 18mm dan berat 1,36kg.

Ketika dibuka, Anda akan melihat layar 14 inci 1600x900 beserta keyboard nyaman khas Lenovo yang selalu memperhatikan jarak antar tombol. Trackpad yang disediakan cukup luas sehingga memudahkan penggunanya.


Spesifikasi
Lenovo menyediakan pilihan prosesor antara Intel Core i3, i5 (yang di-review Ghiboo), dan i7, dengan dukungan Intel HD Graphics 4000 serta RAM 4GB. Pengguna juga bisa memilih kapasitas SSD hingga 256GB.

Seperti kebanyakan produk Ultrabook, Anda tak akan menemui Optical Drive di X1 Carbon. Namun yang menarik, Lenovo justru memberikan slot SIM-Card yang mendukung koneksi 3G.

Beberapa port dan fitur pendukung lainnya yang ada di X1 Carbon antara lain USB 3.0, USB 2.0, SD Card Reader, Ethernet (via USB Dongle), Wi-Fi, Bluetooth, serta Headphone Jack. Sayang, Lenovo tak menyediakan port HDMI. Alasannya, X1 Carbon adalah seri bisnis yang ditujukan bagi para profesional.


Performa

Satu hal yang patut diacungi jempol adalah pengguna bahan serat carbon. Ini benar-benar membuat X1 Carbon punya durability yang tak bisa dipandang sebelah mata. Meski demikian, urusan performa juga tetap menjadi prioritas utama.

Hasil pengujian dengan PCMark Vantage menghasilkan angka 11722. Sementara untuk digunakan untuk bermain game, X1 Carbon kurang bisa diandalkan. Terbukti saat mencoba game S.T.A.L.K.E.R: Call of Pripyat, Ultrabook ini hanya memberikan fps 26,4 di setting medium.

Soal baterai, Lenovo memang jagonya. ThinkPad X1 Carbon bisa bertahan hingga 6-7 jam untuk pemakaian standar. Yang sangat membantu adalah fitur Rapid Charge dimana Anda bisa mengisi ulang baterai hingga 80 persen (bertahan 5 jam) hanya dalam waktu 30 menit.


Kesimpulan
Dengan harga mulai dari 19,8 juta rupiah. ThinkPad X1 Carbon tak hanya mampu menawarkan desain tangguh, tetapi juga performa yang mumpuni. Namun karena Ultrabook ini masuk ke kelas bisnis, jangan berharap banyak jika akan digunakan untuk bermain game.


Keunggulan:
- Desain tangguh dari bahan serat carbon berkualitas tinggi
- Performa mumpuni
- Keyboard nyaman

Kekurangan:
- Port koneksi kurang lengkap
- Harga sangat tinggi





ghiboo
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

1 komentar