Imo Tab X-One




Produk ini mengutamakan fasilitas lengkap dengan mengorbankan sistem dan komponen.
Umumnya setiap produsen berlomba-lomba menghadirkan perangkat yang paling up-to-date baik dari segi sistem operasi maupun hardware.
Nah, komputer tablet X-One dari Imo kali ini justru terlihat sebaliknya. Sistem dan komponen yang dipakai tidaklah baru sehingga memancing rasa sangsi calon konsumennya. Namun jangan salah. Di balik ketertinggalan ini ternyata tersimpan “maksud lain” yang ternyata menawarkan keuntungan tersendiri.  
Imo Tab X-One sebenarnya terlihat sebagai sebuah smartphone dengan layar yang besar (layar 7”). Perangkat ini menawarkan dukungan dual-SIM. Kartu SIM pertama dipakai untuk koneksi data (3G WCDMA) sedangkan kartu SIM kedua lebih ditujukan untuk melakukan aktivitas telepon.
Kesan ponsel pun dipertegas dengan adanya baterai berkapasitas 4000 mAh yang bisa dilepas pasang di balik komputer tablet. Konfigurasi ini terlihat tidak lazim dibandingkan komputer tablet masa kini.  
Dari sisi desain fisik, komputer tablet yang satu ini terlihat agak aneh dengan bobot yang cenderung berat (lebih dari 0,5 kg) dan tebal. Hal ini berlawanan dengan kompetitor lain yang justru berlomba merilis produk paling ringan. Untungnya, tampilan X-One jadi terlihat menarik dengan lis krom yang membuatnya unik. Saat menginti p mesin yang dipakai, kami kembali terheranheran mengingat CPU MTK6573 (ARM v6) berkecepatan 650 MHz yang dipakai produk ini jelas tergolong lawas untuk komputer tablet masa kini. Sebelum melakukan proses benchmarking pun kami perkirakan bahwa kemampuan produk ini tentu akan loyo.  
Satu hal pokok lain yang membuat kami menggelengkan kepala adalah penggunaan sistem operasi Android 2.3 yang juga tergolong usang. Jadi, sistem dan komponen di X-One tampak “kurang gaul”. Namun, di balik “kunonya” perangkat ini, ternyata ada beberapa hal keren yang sebenarnya sangat menyenangkan. Pertama, disertakannya skin yang mirip milik HTC sehingga antarmukanya terlihat lebih moderen. Kedua, speaker yang dimiliki komputer tablet ini ternyata cukup bertenaga meskipun hanya bersistem mono. Selanjutnya kapasitas baterai 4000 mAh juga tergolong tinggi untuk kelas komputer tablet lokal. Selain itu, juga tersedia fasilitas TV analog dengan fasilitas capture.  
Satu hal menarik yang kerap diabaikan produsen dan juga pengguna adalah kelengkapan sensor di komputer tablet. Ternyata X-One telah dibekali 10 buah sensor. Jumlah ini tergolong banyak dibandingkan yang disediakan komputer tablet lokal serupa (yang rata-rata hanya menyertakan 3-4 sensor saja). Banyaknya sensor ini akan sangat berguna manakala pengguna harus menentukan arah (kompas), mengukur jarak, dan pencahayaan, dan sebagainya.
****
Meski tampil serba ketinggalan zaman, Imo Tab X-One mengusung kelebihan yang justru jarang dimiliki pesaing lokal sekelasnya. Komputer tablet semacam ini lebih cocok untuk yang lebih menekankan gadget untuk bekerja dan bereksperimen dibandingkan yang mementingkan aktivitas multimedia kompleks.

Hasil Uji
Pengujian
Treq A10C
Imo Tab X-One
Smartbench 2012 – Productivity
513
312
Smartbench 2012 – Games
1924
1458
Linpack Pro - Single Thread
15,626 MFLOPS
8,838 MFLOPS
Linpack Pro - Multi Thread
14,642 MFLOPS
7,534 MFLOPS
NenaMark2
30,1 fps
16,7 fps
*skor makin tinggi makin bagus

Spesifikasi
Prosesor
MediaTek MT6573 650MHz
RAM
DDR2 512MB
Chip grafis
PowerVR SGX531
Dukungan jaringan seluler
GSM 850/900/1800/1900 & HSDPA (3G)
Internal storage
Tidak ada
Dukungan jaringan nirkabel
Wi-Fi (802.11 b/g/n), Bluetooth, GPS
Koneksi lain
Mini-USB, mini-HDMI, micro-SD
Kamera
2 MP (depan) & 0,3MP (depan)
Layar
7” / 800x480 pixel (WVGA) Capacitive touchscreen
Bobot
532 gram
Dimensi
19,5x18x1,3 cm
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga (kisaran)*
Rp1.599.000
* Konten Indomedia Pratama, (021) 351-1802/381-3961; Minggu pertama September 2012




Dual SIM
Bagian slot SIM ganda terlihat saling bertumpuk. Untuk memasang kartu SIM dan juga micro-SD, baterai pipih harus dilepas dahulu.


Konektor Khusus 
Port untuk melakukan isi ulang baterai dan koneksi ke komputer ini mirip dengan yang ada di iPad dan Galaxy Tab. Namun, dudukannya sedikit berbeda.



Plus
     : Bisa telepon & SMS; feature TV analog; banyak sensor; kapasitas baterai besar; harga terjangkau.
Minus : Bobot berat; kinerja agak lamban; sistem lama; minim koneksi ekstra minim. 



infokomputer
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Imo Tab X-One"