b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Cara Cerdas Debat dengan Orangtua





Orangtua tidak pernah memiliki cara termudah untuk mengajarkan sesuatu ke anak-anaknya. Orangtua memiliki caranya sendiri dan memiliki harapan setinggi langit dari anak-anaknya.

Argumentasi menjadi bagian sendiri dari hubungan antara orangtua dan anak. Tetapi, bagaimana kamu menanganinya sebagai seorang anak adalah penting.

Seperti dilansir Times of India, Selasa (8/1/2013) di bawah ini ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan supaya Anda berhasil menangani argumentasi dengan orangtua Anda dan keluar sebagai pemenang:

1. Mengetahui aturan bicara

Akan ada segala macam aturan. Mulai dari batasan waktu untuk pulang bermain, penggunaan telepon, berapa lama dapat menyaksikan acara di televisi, dan aturan tentang teman-teman yang boleh datang atau menginap.

Daftar seperti ini tidak akan pernah ada habisnya. Salah satu cara terbaik untuk menghindari argumen tentang aturan semacam ini adalah membicarakannya baik-baik dengan orangtua Anda.

Jika Anda merasa bahwa aturan tersebut terlalu keras atau tidak realistis, orangtua Anda mungkin bersedia untuk membuat beberapa penyesuaian.

Jangan berteriak atau berdebat. Jelaskan penolakan Anda dengan lembut.

2. Ikuti aturan

Sekarang aturan telah ditetapkan. Orangtua dan Anda telah sepakat atas perjanjian yang telah dibuat.

Sangat penting dalam hal ini mengenai tenggat waktu.

Anda akan mulai khawatir jika Anda sudah tidak pulang pada waktu yang dijanjikan. Selain itu, akan menyebabkan orangtua mulai meragukan rasa tanggung jawab Anda.

Jika dirasa Anda akan terlambat pulang, teleponlah kedua orangtua Anda dan menginformasikannya.

3. Berkomunikasi

Ini adalah kunci yang paling penting untuk memecahkan argumentasi.

Komunikasi bukan hanya soal pemecahan masalah. Meluangkan waktu dan menghabiskan waktu dengan keluarga tentang hari-hari Anda merupakan komunikasi yang paling baik.

Apabila komunikasi ini Anda jalankan dengan baik dapat memperkuat ikatan keluarga.

4. Waktu untuk keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga akan memberikan Anda kesempatan untuk lebih memahami satu sama lain, terutama ketika Anda diberitahu untuk tidak melakukan sesuatu atau tidak diizinkan untuk pulang larut malam.

Waktu untuk keluarga bisa Anda lakukan dengan cara piknik.

5. Pilih penyelesaian dengan bijaksana

Anda tidak dapat memutuskan untuk bertengkar tiap kali Anda ditimpa masalah.

Ketika sesuatu mengkhawatirkan datang kepada Anda dan mengganggu saraf Anda, ambillah napas dalam-dalam selama satu menit untuk mengetahui betapa pentingnya masalah itu untuk Anda selesaikan.

Jika Anda dapat membiarkan masalah itu pergi, lakukanlah. Tapi, jika Anda tidak bisa, pastikan Anda berdebat dan tahu menangani masalah Anda dengan tenang dan tidak membuat Anda stres.




health.liputan6.com/read/482578/begini-cara-cerdas-debat-dengan-orangtua
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar