Buffalo AirStation WCR-HP-G300








Antena Bertenaga
Dengan antena besar, Buffalo AirStation WCR-HP-G300 ini mampu menjangkau daerah lebih luas. 
Ukuran fisik Buffalo AirStation WCR-HP-G300 ini sebenarnya tak terlalu besar jika antenanya tidak terpasang. Bentuk wireless router berwarna putih ini terlihat cukup elegan dan simpel dengan bentuk yang lumayan tipis dan kompak. Tidak banyak ornamen di bagian depannya. Hanya terdapat deretan lampu-lampu indikator di bagian belakangnya.
Wireless router ini dilengkapi dengan dua buah antena berukuran besar. Antena yang digunakan diklaim memiliki kekuatan 8 dBi. Namun, penggunaan dua buah antena high power berukuran besarnya membuat tampilan keseluruhannya agak kurang proporsional dengan bentuk router-nya.
Seperti yang telah disebutkan di atas, Buffalo AirStation WCR-HP-G300 ini memiliki tampilan yang simpel. Tampilannya tergolong minimalis dengan tak banyak tombol. Bagian depannya memiliki lampu-lampu indikator. Sementara di bagian belakangnya hanya terdapat port daya, serta lima buah port RJ45 (satu port untuk WAN dan empat port untuk LAN). Seluruh port RJ45 yang ada belum mendukung kecepatan gigabit, dan maksimal hanya 100 Mbps. Tombol WPS dan reset diletakkan di bagian kanan dan cukup mudah dijangkau. Port USB untuk media simpan eksternal pun tak hadir di wireless router ini.  
Buffalo AirStation WCR-HP-G300 ini hadir dengan spesifikasi yang cukup menarik. Wireless router ini  mendukung koneksi nirkabel dengan standar 802.11b, 802.11g, dan 802.11n. Kecepatan maksimal yang secara teoritis didukung adalah hingga 300 Mbps. Wireless router ini mendukung seluruh metode enkripsi, mulai dari WEP, WPA, hingga WPA2. Konfigurasinya pun terbilang sangat mudah, tak membutuhkan aplikasi tambahan. Buffalo memberikan aplikasi AOSS (AirStation One-Touch Secure System) yang tersedia untuk Android. Aplikasi ini bisa digunakan untuk terhubung ke wireless router Buffalo dengan cepat, dan mengakses aneka file yang dibagikan di jaringan.
Konfigurasi yang ada pada Buffalo AirStation WCRHP-G300 ini terbilang cukup lengkap. Panel kontrol web yang dimilikinya memberikan banyak opsi konfigurasi. Untuk pengguna awam, di sisi kanan terdapat penjelasan dari berbagai opsi yang tersedia sehingga lebih mudah dimengerti.  
Menggunakan antena besar, Buffalo AirStation WCRHP-G300 ini tentu saja memiliki daya jangkau yang lebih luas. Namun dalam hal kecepatannya, througput yang dihasilkan oleh wireless router ini tergolong biasa saja. Namun demikian, kecepatan ini sudah cukup lumayan untuk penggunaan sehari-hari. Saat kami uji, wireless router ini menghasilkan throughput rata-rata sekitar 39,446 Mbps dengan pencapaian maksimal sekitar 49,020 Mbps. Response time rata-ratanya adalah sekitar 2 detik.
****
Buffalo AirStation WCR-HP-G300 ini memiliki antena besar yang membuatnya memiliki daya jangkau yang luas. Kecepatannya tergolong biasa saja, cukup memadai untuk penggunaan standar. Asyiknya, panel kontrolnya menyediakan konfigurasi yang cukup lengkapi sehingga Anda bisa mengatur berbagai parameter sesuai kebutuhan.

Spesifikasi
Standar
802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor
1 x WAN 4x LAN 10/100 Mbps
Kecepatan transfer data
Maksimal 300 Mbps
Feature
DHCP Server; WPS/AOSS; Firewall; MAC Address Filter
Kelengkapan
Power adapter; Kabel RJ45; CD Manual & Buku; Panduan
Garansi
3 tahun
Situs web
Harga (kisaran)*
US$50
*ECS Indo Jaya (021) 6231 2893



Cepat 
Dengan throughput rata-rata sekitar 84,946 Mbps, Linksys EA4500 ini tergolong cepat.






Kurang imbang
Dua buah antena besar yang digunakan pada wireless router ini terlihat kurang seimbang dibandingkan bentuk badannya yang ringkas.




Maksimal 100 Mbps
Empat port LAN yang ada di bagian belakangnya mendukung kecepatan maksimal 100 Mbps dan belum gigabit.



Plus
     : Feature lengkap, desain kompak, antena besar
Minus : Desain antena dan wireless router kurang proporsional, port LAN masih 100 Mbps 





infokomputer
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Buffalo AirStation WCR-HP-G300"