Sejarah Nama Operating System - SouletZ
b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Sejarah Nama Operating System

 


Pernahkah Anda bertanya-tanya apa "XP" adalah singkatan atau di mana "Ubuntu" berasal dari? Beberapa sistem operasi mendapatkan nama mereka dari tempat-tempat yang jelas, tetapi yang lain memerlukan beberapa menjelaskan. Baca terus untuk mencari tahu di mana OS favorit Anda mendapat namanya.
Kami telah mengumpulkan sistem operasi yang paling populer dan terkenal, serta beberapa yang kurang terkenal yang-jika Anda tahu dari sistem operasi lain dengan cerita menarik di balik namanya

MS-DOS


Micro Disk Operating System Lunak (MS-DOS) awalnya berlisensi dari Sistem Operasi Quick and Dirty Seattle Consumer Products (QDOS). MS-DOS tidak memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI) dan bukannya semuanya diinput oleh pengguna melalui command prompt. Singkatan DOS tidak selalu berarti MS-DOS. DOS adalah istilah generik untuk "Sistem Operasi Disk" dan MS-DOS hanya salah satu dari banyak termasuk Apple DOS, AmigaDOS, FreeDOS, dan banyak lainnya.


Windows 1.0 - NT 4.0

Nama Windows datang dari fakta bahwa sistem operasi baru, Windows 1.0, memiliki jendela pengguna bisa berinteraksi dengan di GUI. "Windows" nama membawa melalui semua jalan ke sistem operasi saat ini dan nomor atau nama mengikuti "Windows" adalah bagaimana Anda dapat memberitahu apa yang versi Windows yang Anda miliki.

Microsoft terjebak dengan skema penomoran untuk 1,0-3,1 ketika mulai bekerja pada New cabang (NT) Teknologi sistem operasi. Windows NT 4.0 adalah yang pertama untuk menerapkan kernel NT baru dan dirilis pada tahun 1996 dengan menggunakan Windows 95 antarmuka pengguna.

Windows 95 - ME


Microsoft untuk sementara waktu mulai penamaan mereka sistem operasi Windows dengan tahun rilis menunjukkan versi. Windows 95, 98, dan Millenium Edition semuanya dibangun off dari kernel 3.1 asli Windows. Millennium Edition adalah rilis pada tahun 2000 dan dirancang untuk digunakan pada komputer rumah sementara Windows 2000 dirancang untuk komputer bisnis.
Windows 2000 menggunakan kernel NT dan merupakan penerus langsung ke NT 4.0, untuk kemudian digantikan oleh Windows XP.

Windows XP, Vista, dan Windows 7


Windows XP dirilis pada tahun 2001 dan XP singkatan eXPerience. Pengalaman ini berlangsung sepanjang jalan sampai 2007 ketika Microsoft merilis Windows Vista. Menurut Microsoft, Vista mendapat namanya karena "Pada akhir hari ... apa yang Anda coba untuk mendapatkan Vista adalah pribadi Anda." Itu sangat filosofis Microsoft tetapi pada akhirnya mereka pindah ke pendekatan yang lebih sederhana dengan Windows 7 .
Windows 7 adalah versi ketujuh dari Windows sejak 95. Meskipun 95 itu bukan versi pertama Windows jika Anda menghitung 1.0 - 3.1, namun Windows 10 hanya tidak memiliki cincin yang sama untuk itu. Ditambah orang mungkin mendapatkannya bingung dengan Mac OS 10.

Sistem 1-7,5

Sistem sistem operasi Apple dikembangkan untuk komputer pribadi Macintosh. Sistem operasi selalu diikuti revisi skema penomoran dasar dengan setiap rilis utama mendapatkan kenaikan 1 poin dengan update kecil mendapatkan kenaikan 0,1.
Apple Macintosh komputer telah dirilis pada tahun 1984 dan mendapat namanya dari apel McIntosh.

Setiap versi baru fitur update tambahan dan peningkatan fitur serta dukungan untuk komputer Apple yang lebih baru. Sistem 1-4 tidak memiliki dukungan multitasking yang mungkin terdengar asing ke sistem operasi Apple.
Tujuh versi pertama dari sistem operasi yang hanya disebut "Sistem 1-7." Ini diadakan benar sampai 7,6 ketika kata "Sistem" dijatuhkan demi nama yang lebih berharga "Mac OS".

Mac OS 8 - 10


Mac OS 8 keluar pada tahun 1997 tak lama setelah Steve Jobs kembali bekerja untuk Apple. Mac OS 8 seharusnya disebut versi 7.7 tetapi diubah menjadi 8 karena celah hukum yang memungkinkan Apple untuk menutup pasar pihak ke-3 Macintosh.
Mac OS 9 yang sekarang dikenal sebagai yang terakhir dari "Classic" Mac OS dan rilis final harus didasarkan pada Apple dalam kode rumah.
OS X (OS Ten) adalah versi kesepuluh dari sistem operasi Mac dan Mac OS pertama berdasarkan Berkeley Software Distribution (BSD). OS yang mendasari dikembangkan oleh perusahaan Steve Jobs mulai saat jauh dari Apple, NeXTSTEP, yang Apple diperoleh pada tahun 1997.

Setiap versi minor dari OS X (10.1, 10.2, dll) juga memiliki nama kucing besar yang terkait. Sementara ada beberapa spekulasi di mana Apple punya ide untuk nama-nama ini, itu adalah kebetulan yang cukup besar bahwa sistem operasi akan berbagi nama dengan sekarang klon Macintosh disusutkan dibangun oleh Shaye serta argumen yang meyakinkan yang cukup atas nama OS X dan Jerman tank.

Linux

Linux sendiri mendapat namanya dari Ari Lemmke yang berlari server FTP Kernel Linux asli upload ke. Linus Torvalds, pencipta kernel Linux, ingin nama Freax kernel, tapi Ari malah memberinya sebuah folder bernama "linux" untuk meng-upload kernel untuk. Nama Linux berasal dari "Linus 'Minix" yang merupakan sistem operasi Linus berusaha untuk menggantikan untuk dirinya sendiri.

Ubuntu


Ubuntu (oo-BOON-too) berasal dari Zulu dan Xhosa bahasa di Afrika kasar berarti "kemanusiaan terhadap orang lain."
Seperti banyak distribusi Linux, rilis Ubuntu memiliki dua nama untuk setiap rilis, nama kode pengembangan dan nama versi. Nama numerik untuk rilis didasarkan pada tahun dan bulan rilis, misalnya, versi 10.04 dirilis pada bulan April 2010. Setiap dua tahun dukungan jangka panjang (LTS) release juga dibuat yang membawa tulisan LTS dan juga memiliki rilis tambahan untuk perbaikan bug. Versi dukungan saat jangka panjang adalah Ubuntu LTS 10.04.2.
Nama-nama kode didasarkan pada kenaikan abjad kata sifat dan hewan dari huruf yang sama. Penamaan hewan datang lebih awal dalam pengembangan dan biasanya mencerminkan keadaan distribusi Ubuntu saat ini, misalnya, Warty Warthog adalah rilis pertama untuk menandakan kurangnya polish . Pernah rilis sejak Breeze Badger (5.10) telah dalam urutan abjad.
Ubuntu juga memiliki derivatif yang memiliki sebuah fokus yang spesifik, lokasi, atau perbedaan utama dalam sistem operasi yang membutuhkan nama distribusi yang berbeda. Beberapa turunan resmi Kubuntu, Xubuntu, Mythbuntu, dan Eubuntu. Semua turunan resmi mengikuti skema penamaan yang sama dengan Ubuntu.
Ada juga kustomisasi Ubuntu seperti Linux Mint , Linspire , dan Ubuntulite yang semua memiliki nama kode mereka sendiri dan versi penomoran.

Debian


Debian mendapat namanya dari Ian Murdock pencipta distribusi Debian. Dia bernama distribusi setelah pacarnya Debra Lynn dengan menggabungkan namanya dan ke dalam "Debian."
Setiap rilis Debian yang stabil memiliki nomor versi yang terkait (1.0, 2.0, dll), tetapi juga memiliki kode nama berdasarkan karakter dari Kisah 1.995 film film Toy. Rilis 6.0 terbaru ini dinamai alien mainan "Squeeze." Cabang pengembangan Debian secara permanen bernama "Sid" dari tetangga emosional tidak stabil dalam film.

Red Hat / Fedora / CentOS


Red Hat Linux menerima namanya karena topi merah telah menjadi simbol kebebasan dan revolusi di Amerika Serikat dan Perancis. Red Hat datang dalam beberapa rasa yang berbeda, Red Hat Enterprise Linux (RHEL), Fedora Project, dan CentOS
Red Hat Enterprise Linux tidak menggunakan nama kode dan bukan hanya menggunakan nomor versi yang mirip dengan OS X.
Fedora mendapatkan namanya dari logo Red Hat di mana Shadowman, pria di logo, memakai topi fedora berwarna merah. Fedora 1-6 dikenal sebagai Fedora Core sementara versi menjatuhkan "inti" dari nama.
Fedora menggunakan nama kode yang relasional dengan rilis sebelumnya. Setiap rilis terkait dengan yang pertama dengan "is-a" hubungan dengan pendahulunya . Sebagai contoh, versi 7 "Moonshine" adalah label rekaman seperti versi 6 "Zod", tetapi juga merupakan film seperti versi 8 "Werewolf."
CentOS adalah versi komunitas yang didukung dari RHEL. Nama berasal dari Sistem Community Enterprise Operating dan merupakan salah satu sistem operasi web server yang paling populer. Versi nomor untuk CentOS mengikuti RHEL versi penomoran dan tidak memiliki nama kode.

Gentoo


Gentoo mendapat namanya dari Daniel Robbins setelah penggantian nama nya Enoch Linux distribusi. Gentoo pertama kali berganti nama ketika Daniel dan pengembang lainnya mulai menggunakan compiler egcs bukan compiler GCC untuk fitur ditambahkan dan kecepatan. Gentoo dinamai berenang penguin tercepat, penguin Gentoo.
Yang bergaya "g" logo menyerupai Magatama Jepang perak yang sering ditemukan di kuburan sebagai persembahan kepada dewa.

SuSE


SuSE merupakan distribusi Jerman yang awalnya berdiri untuk "Sistem Software und Entwicklung" yang diterjemahkan ke bahasa Inggris "Pengembangan Software dan Sistem." Sejak tahun 1998 akronim tidak lagi digunakan dan nama perusahaan adalah hanya SUSE.
Pelepasan asli SuSE Linux adalah versi 4.2 bukan 1.0 mengacu pada "Jawaban untuk Pertanyaan Ultimate Hidup, Semesta, dan Semuanya" dari The Hitchhiker Panduan untuk Galaxy.
Maskot SUSE adalah seekor bunglon bernama Veiled "Geeko" dari kata "gecko" dan "geek."
SUSE sekarang dimiliki oleh Novell dan distribusi Linux bebas dikenal sebagai openSUSE.



from berbagai Sumber + google Translate 
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar