Hal yang Harus di-tes Sebelum Membeli Notebook - SouletZ
b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Hal yang Harus di-tes Sebelum Membeli Notebook


 

Ketika kamu pergi berbelanja untuk notebook baru, penjualnya pasti dengan cepat menunjukkan spesifikasi notebook yang bersangkutan, mulai dari prosesor, RAM, ukuran layar, dan sebagainya. Tapi, ada sejumlah fitur dan spesifikasi yang mereka tidak beritahukan, padahal cukup penting untuk mempengaruhi keputusanm  u.
Nah, jika spAcer saat ini sedang ada di situasi yang sama, yuk simak beberapa tips berikut sebelum kamu membeli notebook baru :
  • Sentuh bagian Touchpad
spAcer sadar tidak, bahwa salah satu bagian yang paling banyak digunakan pada notebook justru luput dari perhatian kita saat membelinya. Untuk itu, pertimbangkan kenyaman touchpad ketika kamu membeli notebook. Caranya gampang, uji touchpad dengan membuka sebuah file foto, pinch-to-zoom, two-finger rotate (jika memang notebook menyediakan fitur sentuhan tersebut), dan sebagainya.
  • Pertimbangkan kenyamanan keyboard
Bahkan jika aktivitas pekerjaan kamu hanya sebatas mengirim email, tentu kamu masih membutuhkan keyboard yang nyaman bukan? Mengujinya gampang saja, buka aplikasi notepad dan ketiklah beberapa kalimat untuk menguji kenyamanan keyboard tersebut. Pertimbangkan apakah jaraknya terlalu dekat, terlalu kecil, dan jika kamu membuat banyak kesalahan pada saat mengetik sebaiknya coba cari pilihan lain.
  • Uji webcam
Bagaimana kamu bisa menjalankan aplikasi/program Skype dengan sahabat jika kamu tidak bisa melihatnya. Fitur ini cukup penting lho, terutama bagi para pebisnis yang sering berkomunikasi dengan kliennya dari jarak jauh. Oleh sebab itu, jika notebook yang hendak kamu beli punya fitur ini, sebaiknya kamu mengujinya terlebih dahulu.
  • Analisa layar/screen yang ditawarkan
Tidak ada yang lebih membuat kita frustrasi ketika surfing di web atau menonton film pada notebook yang kualitas layarnya buruk. Nah, untuk itu kamu juga perlu menguji bagaimana tampilan layar yang disuguhkan notebook tersebut. Caranya gampang, misalnya kamu bisa membuka Youtube, atau buka file video bawaan dari notebook untuk mengetahui seberapa jauh kualitas gambar yang ditawarkan.
  • Suara dari Speaker
Hal lain selain kualitas gambar, kamu juga harus menguji kualitas suara yang ditawarkan dari notebook tersebut. Pastikan notebook yang kamu beli menawarkan kualitas suara yang baik, bukan suara seperti radio transistor. Kamu bisa mengujinya dengan menyetel file musik bawaan notebook, lalu setting volumenya pada keadaan maksimal. Dengarkan apakah suara yang dikeluarkan masih jelas atau terdistorsi. Selain itu, perhatikan pula letak dimana speaker berada. Jika speaker ada di bagian bawah notebook, pertimbangkan apakah suaranya akan tertutup pada saat kamu memangku notebook tersebut.
  • Cek Hard Disk
Yup, kebanyakan iklan untuk notebook baru biasanya memaparkan seberapa besar kapasitas penyimpanannya (hard disk). Tapi ukuran bukanlah segalanya. Pembuat dan modelnya-lah yang jadi faktor besar dalam kinerjanya. Untuk menguji itu, klik “control panel” lalu pilih “device manager”, kemudian pilih “disk drives”. Disana tidak hanya ditampilkan siapa vendor dari hard disk tersebut, tapi juga nomor model hard disk kamu, dan sebagainya.



Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar