Menyanyi Baik Untuk Kesehatan

Menyanyi Baik Untuk Kesehatan  

Ternyata aktifitas bernyanyi tak hanya membuat suasana hati Anda gembira, namun bernyanyi secara teratur juga meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

Bernyanyi bisa dikategaorikan sebagai salah satu bentuk olahraga, namun lebih halus, sebab saat bernyanyi paru-paru bergerak, meningkatkan denyut jantung dan tubuh dapat memompa darah lebih cepat, hal ini semuanya membantu kesehatan fisik pada manusia.

Barbara Dinsdlay dari Heart Research UK menyebutkan bahwa menyanyi sama halnya dengan aerobik apabila dikaitkan dengan kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menyanyi dapat mengurangi stres, memperpanjang umur dan perawatan kesehatan secara umum.

Menyanyi juga membawa kebahagiaan, sebab tidak mungkin orang bernyanyi dengan ekspresi wajah yang sama, seperti saat tidak sedang bernyanyi. Bahkan jika tersenyum saat bernyanyi, maka orang akan segera merasakan manfaatnya.

Pemimpin International Music Education Research Centre di University of London Profesor Graham Welch yang telah menghabiskan lebih dari 30 tahun untuk mempelajari efek bernyanyi dan mengatakan bahwa saat bernyanyi tubuh saling terintegrasi, baik dengan pikiran, sistem saraf, endokrin dan kekebalan tubuh.

"Fisik, mental dan emosional, ketiganya saling terjamin," ungkapnya.

Musik berlokasi di otak, hal ini memunculkan hormon kesenangan dan menurunkan hormon stres seperti kortisol yang berkorelasi langsung dengan sistem endokrin fisik.

Bahkan saat bernyanyi dalam grup atau komunitas, selain secara tidak langsung dapat meningkatkan harga diri, jika bernyanyi dilakukan dengan sungguh-sungguh dari dalam hati, juga meningkatkan efek spiritual dan membantu diri kita merasa lebih baik dan sehat.

"Menyanyi baik untuk segala usia, mulai dari balita sampai nenek-nenek, karena itu mulailah bernyanyi," pungkasnya. So...rajinlah menyanyi biar sehat.
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Menyanyi Baik Untuk Kesehatan"