b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Penyebab Komputer Hang / Not responding





Mungkin Qt sering kesal karena lagi enak enaknya ngerjain tugas,maen game tau-tau komputernya hang gak gerak sama sekali mouse / keyboardnya. itu bisa terjadi karena beberapa hal. sekarang mari Qt cari tau apa aja penyebabnya dan apa tindakkan yang harus Qt ambil


1. Komputer sering restart karena Processor kepanasan

Processor yang kepanasan adalah salah satu penyebab utama komputer anda menjadi hang atau sering restart sendiri. Untuk mengecek terjadinya overheat pada Processor dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:

    * melihat kondisi temperatur pada menu hardware monitor di BIOS
    * menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
    * dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.


Penyebab utama dari Processor yang kepanasan ini juga terdapat beberapa hal:

    * Kondisi kipas angin (fan) pendingin Processor yang sudah tidak optimal (misalnya macet karena debu)
    * Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat peyimpanan komputer berdebu.
    * Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya paste yang merekatkan Processor dan Pendinginnya.- Kipas angin (fan) yang terdapat pada power supply yang mati atau tidak berputar.
    * Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.

Untuk mengatasi komputer sering restart karena Procesor kepanasan (overheat) ini kita bisa melakukan beberapa hal diantaranya:

    * Senantiasa membersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor.
    * Menggunakan paste sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dan Pendingin.
    * Menyimpan komputer diruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC)
    * Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor untuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor. Screenshootnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


2. Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya

Penyebab yang kedua komputer sering restart adalah kurangnya daya atau sudah tidak optimalnya bagian Power Supply yang mensupply daya pada CPU. Apabila anda merasa curiga dengan perporma Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Untuk keperluan komputer sekarang, sebaiknya pakailah sebuah Power Supply dengan daya minimal 500 Watt.

3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak

Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.

4. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector

Sebuah hardisk yang ruksak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul bluescreen of deadth atau komputer ga bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah dan mengatasinya kita bisa menjalankan program scandisk dan defragmenter hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown.


dari beberapa penjelasan di atas mungkin anda sudah sedikit mengetahui apa penyebab komputer Qt hang, jadi jagalah dan pergunakan sebaik mungkin. karena Qt tak tau kapan dia rusak, pas dah rusak baru kalang kabut bingung.
semoga bermanfaat


source
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar