b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Merawat laptop




Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang diciptakan dengan fungsi mobilitas. Umumnya, laptop tidak sekokoh komputer, sehingga membutuhkan perlakuan khusus dari Pengguna. Apabila terjadi kerusakan pada laptop, meskipun kerusakan kecil, akan menghabiskan biaya besar. ada baiknya Qt mengetahui bagaimana cara merawat Laptop agar awet dan terhindar dari hal hal yang membuat laptop tersebut rusak
berikut ini saya akan memberi sedikit tips bagaimana merawat laptop kesayangan anda



  • Bersihkan LCD
Oleh karena laptop adalah barang mahal (meskipun setelah di diskon), berhati-hatilah ketika membersihkan layar laptop (LCD). Gunakan kain halus yang polos dan putih agar LCD terhindar dari goresan ketika mengusap.Juga, jangan menggunakan kain yang terbuat dari bahan wool karena akan meninggalkan serabut pada LCD. Apabila menggunakan cairan pembersih, semprotkan secukupnya pada kain lalu usapkan pada LCD. Jangan langsung di semprotkan pada LCD
Jangan Sembarang Memilih Cairan Pembersih
LCD adalah komponen termahal dari laptop. Perlu perhatian khusus dalam memilih cairan pembersih. Cairan yang menggunakan bahan kimia sangat tidak disarankan karena dapat merusak pewarnaan luar LCD dan dapat menyebabkan keretakan pada lapisan terluar LCD. Gunakanlah air bersih atau cuka.


  • Meletakkan Laptop/Notebook
Harddisk merupakan komponen yang memanfaatkan aliran magnetik, hindarkan benda-benda yang mengandung gelombang elektrik. Benda-benda yang mengandung gelombang elektrik akan mengakibatkan ketidak stabilan harddisk yang dapat merusak data yang tersimpan di dalamnya. Jarak yang aman antara harddisk dengan benda yang mengandung gelombang elektrik adalah 15 cm atau lebih.
Beri Jeda Waktu
Ketika hendak menyalakan kembali sesaat setelah mematikan laptop/notebook, diamkan terlebih dahulu selama 30 deitk atau lebih. Agar piringan dalam harddisk benar-benar berhenti memutar.
Backup Data
Lakukan backup data secara rutin. Laptop adalah perangkat yang rapuh, sehingga mudah terkena kerusakan. Harddisk dapat mengalami kerusakan sewaktu-waktu tanpa diduga.

  • Perawatan Baterai
• Pada penggunaan pertama, lakukan pengisian ulang selama 12 jam atau sesuaikan dengan anjuran waktu yang tercantum di dalam Buku Petunjuk Teknis (Manual).
• Untuk penggunaan sehari-hari, isi ulang daya sesuai dengan kapasitasnya kemudian hidupkan laptop dengan menggunakan baterai sampai kosong (untuk jenis Ni-Cd atau Ni-MH, guna mencegah terjadinya memory effect) atau sisakan 3% daya di dalam baterai (untuk jenis Li-ion, guna mencegah terjadinya pengisian ulang yang berlebih).
• Jangan biarkan baterai tidak terpakai untuk waktu yang lama. Meskipun sering menghidupkan laptop dengan menggunakan colokan listrik, biarkan baterai tetap terpasang. Cabut colokan listrik apabila laptop tidak sedang digunakan agar tidak terjadi proses pengisian daya yang berlebih.
Untuk membantu penghematan daya baterai, kurangi brightness LCD ketika sedang digunakan.Gunakan modus `Standby’ (Siaga) atau `Hibernate’ (Tidur) untuk menghemat asupan daya dari baterai.
Kosongkan Optical Drive
Jangan biarkan disc di dalam drive optik ketika laptop/notebook tidak sedang digunakan karena akan membuat motor cepat “haus”.
Penyimpanan Baterai
• Kosongkan daya pada baterai bila tidak akan menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Lalu, lepaskan baterai dari laptop.
• Simpan baterai di tempat dengan suhu 15o-30 o. Hindarkan dari tempat yang panas, lembab, berdebu, dan jauhkan dari benda logam.
Gunakan Wadah Laptop
Sangat disarankan untuk menggunakan wadah laptop, terutama dengan bahan yang padat, apabila berpergian. Perhatikan bahwa wadah tersebut haruslah keras di lapisan luar tapi empuk di lapisan dalam. Wadah tersebut juga mampu meredam getaran dan menyimpan perlengkapan laptop lainnya.
Jauhkan Makanan
Jangan meletakkan makanan maupun minuman di sekitar laptop. Setetes air dapat menyebabkan terjadinya arus pendek listrik dan secuil makanan dapat mendatangkan serangga yang dapat membahayakan komponen di dalam laptop.
Tekan-Tahan Tombol [POWER]
Dengan menekan dan menahan tombol [POWER], laptop akan mati dengan segera. Namun, jangan pernah melakukan hal tersebut kecuali tahu apa yang sedang dilakukan. Hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya data dalam laptop. Lakukan hal ini HANYA bila tidak ada jalan lain untuk mematikan laptop (seperti terjadinya hang pada sistem operasi).
Tips Seputar Laptop
• Buat Shortcut
Buat shortcut dari aplikasi, folder, atau file yang sering anda gunakan untuk kemudahan Pengguna. Untuk mendapatkan tampilan desktop sistem operasi yang bersih, buatkan toolbar.
Untuk membuat toolbar di Windows XP: klik kanan pada Windows taskbar, lalu arahkan ke `Toolbars’ and klik `New Toolbar’. Kemudian, pilih drive atau folder yang hendak dibuatkan toolbarnya. Toolbar dapat dibuat hingga sebanyak-banyaknya.
  • Hilangkan Yang Tidak Terpakai
Hapus aplikasi yang sudah tidak terpakai. Selain menghemat kapasitas harrdisk, membantu laptop untuk tetap responsif. Waspadalah dengan selalu membuat backup sistem operasi, driver, maupun aplikasi yang dibutuhkan pada partisi harddisk yang lain atau media lain (harddisk portable, CD, DVD, BD) agar mudah melakukan instalasi ulang. Bawahlah selalu CD Recovery, CD Driver, dan kartu garansi bila berpergian.
  • Keamanan Untuk Laptop
• Berhati-hati
Hindarkan laptop dari sentakan maupun goncangan guna mengurangi resiko kerusakan pada harddisk. Matikan laptop terlebih dahulu sebelum membawanya bergerak.
• Anti Debu
Lindungi laptop dari debu. Jaga agar sirkulasi udara tetap stabil.
• Minuman BUKAN Untuk Laptop
Jangan pernah meletakkan minuman (panas maupun dingin) di sekitar laptop agar tidak terkena tetesan maupun tumpahan.
  • Hemat Energi
• Otomatisasi
Ubah setting agar LCD dan harddisk mati secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.
• Putuskan
Perangkat tambahan eksternal maupun kelengkapan seperti drive optik eksternal, PC cards dan keyboard antarmuka USB akan terus menyerap daya baterai meskipun laptop sudah dimatikan. Putuskan perangkat yang tersambung tersebut bila tidak digunakan.
• Siaga/Tidur
Menghidupkan kembali komputer dengan menggunakan baterai akan sangat menguras daya. Gunakan modus ‘Standby’ (Siaga) atau ‘Hibernate’ (Tidur) daripada ‘Shut Down’ (Mati) apabila hanya perlu mematikan laptop sebentar saja. Modus tersebut dapat membantu penghematan daya dalam baterai dan laptop hanya memerlukan waktu sebentar untuk nyala kembali.


semoga tips di atas bermanfaat bagi anda pencinta laptop
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar